jump to navigation

Menuntut ilmu Juni 11, 2010

Posted by dedewinasis in life style, pengembangan diri.
Tags: , , , ,
trackback

Malam sabtu sambil blog walking nemu artikel tentang menuntut ilmu yang sangat-sangat menarik. Kenapa tidak, artikel ini adalah artikel yang akan membuat juragan semua bersemangat, dan harapan saya juga pada diri saya.

Sebagai seorang muslim, menuntut ilmu itu adalah suatu keharusan. Hingga munculan hadis ” tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina”. Well, dibalik itu ternyata terdapat lebih banyak lagi yang bisa kita telaah lebih dalam…yuuk kita baca info berikut:

“Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap orang Islam laki-laki dan perempuan”, demikian salah hadits Rasulullah saw. Hadits tersebut menunjukkan betapa pentingnya menuntut ilmu. Tentu menuntut ilmu atau belajar bukan hanya bisa dilakukan di lembaga pendidikan formal, disekolah, madrasah atau perguruan tinggi saja tetapi banyak cara dan media yang dapat digunakan.Berikut disampaikan beberapa hadits Rasulullah saw tentang penting dan fadhilah ilmu dan menuntut ilmu.

1.  Carilah ilmu walau di negeri Cina (HR. Ibn’ Adi dan Baihaqi)

2. Barangsiapa yang keluar dari rumah karena mencari ilmu, maka ia (dianggap orang) yang menegakkan agama Allah sehingga ia pulang (H.R Turmudzi)

3. Ilmu itu laksana lemari (yang tertutup rapat) dan kunci pembukanya adalah pertanyaan. Oleh sebab itu bertanyalah kalian karena sesungguhnya dalam tanya jawab diturunkan empat macam pahala, yakni :

- untuk penanya

- orang yang menjawab pertnyaan

- para pendengar, dan

- orang yang mencintai mereka.

(HR. Abu Na’im)

4. Pertanyaan yang baik itu adalah sebagian dari ilmu (HR. Ad Dailami)

5. Kata-kata bijaksana yang bermanfaat bagi orang-orang beriman, dimana saja didapatkan, ia lebih berhak dipungut (HR.Tirmidzi dan Ibnu Majah)

6. Kelebihan orang berilmu dari orang yang beribadah (yang bodoh) bagaikan kelebihan bulan pada malam purnama dari semua bintang-bintang yang lain (HR.Abu Dawud, Tirmidzi,Nasa’i dan Ibnu Majah)

7. Kelebihan orang berilmu dibandingkan dengan ‘abid (seorang ahli ibadah) adalah tujuh puluh derajat (HR Ashbihaani)

sumber: http://assakinah-annaura.com

Nah Juragan semua, setelah membaca hal diatas bagaimana perasaan juragan? Masih malas kah untuk belajar? Sebagai manusia, kita sebenarnya memang berada pada lingkungan yang sepatutnya perlu pembelajaran. Belajar tidak saja harus di bangku sekolah, namun belajar bisa dimana saja. Membaca blog pun juga termasuk bagian dari mencari ilmu. Mulai sekarang mari kita bulatkan niat untuk belajar! SEMANGAAAD!!!!

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: